Friday 4 May 2012

Jenis Kabel Coaxial


Kabel Coaxial atau populer dipanggil “coax” terdiri atas konduktor silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga ini yang konduktif. Untuk LAN, kabel coaxial menawarkan beberapa keunggulan. Antara lain dapat dijalankan dengan tanpa banyak bantuan dari repeater.www.munkaris.com
Ada beberapa jenis kabel coaxial, yaitu :
  1. Kabel Coaxial Thinnet ( Kabel RG-58 )
    Kabel Coaxial Thinnet atau Kabel RG-58 biasa disebut dengan kabel BNC, singkatan dari British Naval Connector.  Sebenarnya BNC adalah nama konektor yang dipakai, bukan nama kabelnya.
    Kelebihan menggunakan kabel RG-58 adalah :
    •  Fleksibel, mudah dipakai untuk instalasi dalam ruangan.
    •  Dapat langsung dihubungkan ke komputer menggunakan konektor BNC.
    Spesifikasi teknis dari kabel ini adalah :
    • Mampu menjangkau bentangan maksimum 185 meter.
    • Impedansi Terminator 50 Ohm.
    Fungsi:
    Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar.
  2. Kabel Coaxial Thicknet ( Kabel RG-8 )
    Kabel Coaxial Thicknet atau Kabel RG-8 adalah kabel coaxial yang dipakai untuk instalasi antar gedung, Spesifikasi kabel ini sama dengan dengan Kabel Coaxial Thinnet, hanya bentuk fisiknya lebih besar. Karena lebih besar, kabel ini dapat menampung data yang lebih banyak sehingga cocok untuk instalasi sebagai backbone jaringan.
    Spesifikasi Teknis dari kabel ini adalah :
    •  Mampu menjangkau bentangan maksimum 500 meter.
    •  Impedansi terminator 50 Ohm.
    •  Membutuhkan Transceiver sebelum dihubungkan dengan komputer.
    Jenis Kabel Coaxia lSupaya komputer dapat terhubung ke jaringan thicknet, diperlukan transceiver. Koneksi antara Network Adapter Card dengan transceiver dibuat dengan menggunakan drop cable untuk menghubungkan Transceiver dengan Attachment Unit Interface ( AUI ) pada Network Adapter Card. Interface dari AUI berbentuk DB-15. Bila dibandingkan antara Thicknet dengan thinnet, instalasi kabel thicknet jauh lebih sulit karena sifatnya lebih kaku dan tidak fleksibel. Tetapi melihat kapasitas data dan jarak yang bisa dijangkau, jenis kabel ini masih menjadi favorit sebagai penghubung antar gedung.

Jenis Kabel Coaxial

Konektor :
  1. BNC Kabel konektor
    Untuk menghubungkan kabel ke T konektor.
  2. BNC T konektor
    Untuk menghubungkan kabel ke komputer.
  3. BNC Barrel konektor
    Untuk menyambung 2 kabel BNC.
  4. BNC Terminator
    Untuk menandai akhir dari topologi bus.
Sesuai dengan kapasitas maksimal dari kabel coaxial, Ethernet dengan media transmisi coax hanya ada satu kecepatan transfer
data (10 Mbps). Terminator yang dapat digunakan adalah terminator dengan nilai resitansi sebesar 50 OHM. Penggunaan kabel lebih dari yang disarankan sangat tidak dianjurkan karena dapat mengurangi performansi dari jaringan komputer  tersebut. Kabel ini masih digunakan sebagai segmen tulang belakang (backbone) untuk penyambung di dalam sistem ethernet karena biayanya murah.
Karakteristik lain dari media tipe ini :
PELINDUNG INTERFERENSI : ada
MAKS. BANDWITH : 10 Mbps
MAKS. KABEL : 500 meter
SOKET : BNC (Bayonet Naval Conector)
BIAYA : murah dibanding UTP
TOPOLOGI FISIK : Bus
INSTALLASI : sederhana

No comments:

Post a Comment